the-php-practitioner

Belajar PHP Basic untuk pemula

Posted on

Selamat pagi sobat blogger, kali ini saya mau share tentang Bahasa Pemrograman PHP, kata PHP itu nggak terlalu asing yah buat kalian, tapi PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.

Secara singkat nya PHP adalah server side language artinya kode PHP akan dieksekusi di server dulu baru kemudian hasilnya akan ditampilkan di layar client.

Aplikasi yang akan kita gunakan untuk latihan PHP:

  • Xampp (untuk windows), Mampp (untuk macintosh), dan Lampp(untuk linux)
  • Text Editor (Notepad++, Sublime, dll)
  • Browser (Firefox, Chrome, Opera, dll)

Basic Pemrograman PHP

1. Penulisan PHP selalu diawali <?php dan di akhiri ?>

Contoh :

<?php

.........statement........

?>

2. Menampilkan teks dengan PHP mengunakan fungsi echo.

Contoh :

<html>

<head>

         <title>Belajar PHP Dasar</title>

</head>

<body>

<h1>Belajar PHP</h1>

<?php

echo "Belajar php dasar";

?>

</body>

</html>

 

Hasil nya akan seerti ini.

php 013. Lanjut belajar aritmatik operator PHP.

Apa sih aritmatik operator PHP itu, Operator PHP aritmatika digunakan dengan nilai-nilai numerik untuk melakukan operasi aritmatika umum, seperti penambahan, pengurangan, perkalian dll.

Contoh:

<html>

<head>

<title>Php Aritmatik operator</title>

</head>

<body>

<h3>Belajar Aritmatik operator PHP</h3>

<?php

/*

Penjumlahan di php 5 + 7 hasil nya? 

*/

$a = 5; // variable a kita isi dengan nilai 5

$b = 7; // variable b kita isi dengan nilai 7

$c = $a + $b; // disini adalah proses penjumlahan variabel a dan variabel b 

echo "Hasil dari Penjumlahan $a + $b = $c"; // disini hasil akhir nya.

echo "</br>"; // membuat baris baru. sudah belajar html kan? tau dong berarti.

echo "</br>";

/*

Pengurangan di php 9 dikurang 4 hasil nya? 

*/

$x = 9; // variable a kita isi dengan nilai 9

$y = 4; // variable b kita isi dengan nilai 4

$z = $x - $y; // disini adalah proses pengurangan variabel a dan variabel b 

echo "Hasil dari Pengurangan $x - $y = $z"; // disini hasil akhir nya.

echo "</br>"; // membuat baris baru. sudah belajar html kan? tau dong berarti.

echo "</br>";

/*

Perkalian di php 2 dikali 3 hasil nya? 

*/

$k = 2; // variable a kita isi dengan nilai 2

$l = 3; // variable b kita isi dengan nilai 3

$m = $k * $l; // disini adalah proses pengalian variabel a dan variabel b 

echo "Hasil dari Perkalian $k * $l = $m"; // disini hasil akhir nya.

echo "</br>"; // membuat baris baru. sudah belajar html kan? tau dong berarti.

echo "</br>";

/*

Pembagian di php 20 dikali 4 hasil nya? 

*/

$h = 20; // variable a kita isi dengan nilai 20

$i = 4; // variable b kita isi dengan nilai 4

$j = $h / $i; // disini adalah proses pembagian variabel a dan variabel b 

echo "Hasil dari Pembagian $h / $i = $j"; // disini hasil akhir nya.

?>

</body>

</html>

Hasil nya :

php 02

4. Belajar Kondisi IF / ELSE

Contoh Study Kasus:

Saya punya uang 100.000 mau membeli barang di toko dengan harga 80.000. Jika uang saya cukup maka saya membeli barang tersebut.

<html>
 
 <head>
 
 <title>Php Kondisi IF / ELSE</title>
 
 </head>
 
 <body>
 
 <h3>Belajar PHP (IF/ELSE)</h3>
 
 <?php
 
 /*
 
 Kita tambahkan variable uang dan harga barang.
 
 */
 
 $uang = 100000;
 
 $harga = 80000;
 
 
 
 
 if ($uang < $harga) { // Jika uang saya lebih dari harga barang nya,
 
 // maka Saya membeli barang
 
 echo "Saya membeli barang tersebut!! <br>";
 
 } else {
 
 // else Saya tidak jadi membeli barang
 
 echo "Saya tidak jadi membeli barang tersebut!! <br>";
 
 }
 
 ?>
 
 </body>
 
 </html>

 

Hasilnya :

php 03

 

Sekian sharing tentang emrogaraman dasar PHP. Jika masih bingung bisa berkometar di bawah.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *